Manfaat Air Sebagai Sumber Kehidupan

     Air Merupakan Anugerah dari Tuhan Yang MahaKuasa yang wajib disyukuri. Karena air, kita dapat hidup. Begitu juga makhluk lainnya. Di indonesia rata-rata dapat dengan mudah memperoleh air tawar yang bersih. Kecuali, jika musim kemarau ada sebagian wilayah yang mengalami kekeringan. Namun, kekeringan di Indonesia ini tidak terlalu mengkhawatirkan dibanding dengan negara-negara, seperti di Timur Tengah atau negara-negara lainnya. Kekeringan di sini masih dapat dengan mudah disuplai dari daerah yang tidak terlalu jauh karena memiliki sumber air yang tidak terhitung. Sungai-sungai mengalir di negeri sendiri sehingga tidak menimbulkan masalah. Ada beberapa negara yang. Sungainya bermuara dari negara lain. Misalnya, di Irak dan Suria. Sungai Tigris bermuara dari pegunungan di silayah Turki masuk ke Suria lalu ke Irak. Jika Turki merencanakan akan membangun 20 Bendungan di atas sungai itu, negara Suria dan Irak akan kekurangan air. Oleh karena itu, masalah air ini dapat menimbulkaan konflik antarnegara.
  
     Untuk mengatasi sulitnya sumber air, muncul teknologi penyulingan air laut menjadi tawar. Teknologi penyulingan ini membawa konsekuensi biaya yang cukup tinggi.
Di Indonesia terdapat dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan sehingga terdapat dua masalah yang harus dihadapi. Jika musim kemarau menghadapi masalah kekeringan, musim hujan menghadapi banjir. Untuk wilayah indonesia problem banjir lebih menyusahkan daripada masalah kekeringan.


     Untuk memanfaatkan air semaksimal mungkin, Buatlah bendungan-bendungan atau waduk. Dengan adanya bendungan, dapat diperoleh berbagai macam keuntungan, antara lain untuk mengairi sawah-sawah sehingga dapat meningkatkan produksi panennya dan meningkatkan kemakmuran. Jika semula merupakan sawah tadah hujan yang hanya dapat ditanami padi satu kali dalam setahun. Namun, setelah mendapat aliran air dari bendungan, penanaman padi dapat ditingkatkan menjadi dua kali sampai tiga kali atau dua kali padi satu kali palawija.

Ditulis Oleh : Unknown..

Makasih sudah membaca tentang Manfaat Air Sebagai Sumber Kehidupan Dibuat Oleh Unknown, Kamu diperbolehkan menyebarluaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya!

:: Gandasuli Post ::

Share 'Manfaat Air Sebagai Sumber Kehidupan' On ...

at 20:10

Belum ada komentar untuk "Manfaat Air Sebagai Sumber Kehidupan"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda
Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang Baik, Jelas dan sopan untuk memberikan respon atau pertanyaan yang sesuai Relevan Dengan Topik


» Gandasuli Post «