Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam


   
     Indonesia memiliki wilayah yang amat luas, terdiri atas daratan dan lautan. Semua wilayah ini rata-rata memiliki potensi dan dapat dimanfaatkan dengan baik. Mulai dari ladang pertanian, laut, hutan, dan lain-lain. Sumber daya alam ini masih belum sepenuhnya dimanfaatkan. Penyelidikan atau eksplorasi masih selalu dilakukan.
Penanganan sumber daya ini harus dilakukan dengan sebaik-baiknya dan hati-hati. Jika tidak, sumber daya alam akan segera mengalami kerusakan.
     
     Agar sumber daya alam ini dapat lestari, para pengelolanya harus memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup. Masyarakat pun harus tahu bagaimana cara memperlakukannya sehingga setiap langkahnya tidak akan menimbulkan dampak yang negatif. Kerusakan alam yang parah, bukan saja sumber daya alamnya yang menipis dan sulit diupayakan, tetapi juga dapat menimbulkan bahaya. Di wilayah tidak sedikit kerusakan alam. Dari kerusakan alam itu, sebagian telah dapat diperbaiki, tetapi sebagian masih ada yang rusak.
     
     Contoh kerusakan alam yang telah diperbaiki antara lain hutan wanagama di Yogyakarta, perkampungan nelayan di Desa Dahari selebar, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara.
Kerusakan alam di Desa Dahari ini tergolong cukup parah. Kerusakan ini disebabkan hutan bakau ditebangi hingga gundul. Akibat penggundulan hutan bakau ini, air laut merembes ke sebagian desa. Air tawar pun menjadi asin dan tidak dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari. Tumbuh-tumbuhan yang biasanya dapat menghasilkan, menjadi rusak ditelan air laut. Tambak-tambak pun hanyut habis terkikis. Keadaan cuaca pun menjadi panas. Angin bertiup dengan kencang menerjang rumah-rumah penduduk karena tidak ada pohon-pohon. Genting-genting dan atap rumah terbang melayang setiap waktu.
    
      Keadaan yang kurang aman ini mengakibatkan sebagian penduduk meninggalkan tempat itu dan mencari tempat yang lebih tenang.
Melihat keadaan itu, Suardi Samad seorang kakek yang telah berpengalaman cukup tanggap dan mengetahui sebab-sebabnya. Oleh karena itu, Suardi seorang pensiunan Mantri Pertanian itu pun tidak tinggal diam. Ia segera merintis rencana untuk menanam pohon-pohon di sekitar pantai yang luasnya mencapai 50 hektar hanya seorang diri. Mula-mula dia mencoba tanah miliknya sendiri. Karena cukup membawa dampak yang positif, dilanjutkan ke seluruh wilayah sekitar desa.
Perjuangan Kakek Suardi Merupakan usaha yang patut dihargai. Meskipun di sekitarnya tidak ada yang peduli dengan keadaan itu, Kakek Suardi dapat menyelesaikannya. Kegigihannya itu patut dijadikan contoh bagi generasi muda sekarang, yang telah memanfaatkan sisa-sisa hidupnya dengan perbuatan mulia.

Ditulis Oleh : Unknown..

Makasih sudah membaca tentang Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dibuat Oleh Unknown, Kamu diperbolehkan menyebarluaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya!

:: Gandasuli Post ::

Share 'Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam' On ...

at 20:43

Belum ada komentar untuk "Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda
Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang Baik, Jelas dan sopan untuk memberikan respon atau pertanyaan yang sesuai Relevan Dengan Topik


» Gandasuli Post «